Wednesday, October 22, 2008

Typhoid Fever atau Demam Tifoid

Mungkin sebagian dari kita tidak familiar dengan mahluk ini, typhoid fever alias demam tifoid. Masyarakat awam mengenalnya dengan nama typhus atau tipes. Demam tifoid adalah demam yang timbul akibat infeksi akut di usus kecil yang disebabkan bakteri salmonella, yaitu salmonella typhi dan salmonella paratyphi. Bakteri ini masuk ke tubuh melalui makanan dan minuman yang tercemar. Gejala awalnya adalah demam yang sangat tinggi 39-40C yang biasanya terjadi sore hari, diikuti sakit kepala, lidah kotor, hilang napsu makan, mual dan muntah, bahkan diare. Uji laboratorium untuk mendiagnosa infeksi ini adalah melalui tes widal. Hasil di atas 1/200 merupakan indikasi positif bahwa penderita terpapar bakteri salmonella. Biasanya baru diketahui setelah minggu ke-2.

Pengobatan bagi penderita demam tifoid adalah istirahat dan diet. Maksud diet di sini adalah pengaturan makanan rendah serat agar kerja usus tidak berat. Penderita juga diberikan antibiotik seperti chloramphenicol, ampicillin/amoxicillin dan ciprofloxacin.
Untuk pencegahannya dapat dilakukan dengan peningkatan higienitas dan sanitasi, juga menjaga kebersihan pribadi dan menjaga apa yang masuk mulut (diminum atau dimakan) tidak tercemar salmonella. Pencegahan juga dapat dilakukan melalui vaksin yang diinaktivasi (secara injeksi) atau vaksin yang dilemahkan (secara oral). Pemberian vaksin tifoid secara rutin tidak direkomendasikan, dan hanya direkomendasikan untuk pelancong yang berkunjung ke tempat-tempat di mana demam tifoid sering terjadi, orang yang kontak dengan penderita karier tifoid dan pekerja laboratorium.
..::dari berbagai sumber::..

Minggu (12/10/08) pagi, bangun dengan kepala sangat berat. Akhirnya dengan sedikit memaksakan diri bangkit dari tempat tidur dan mandi. Sarapan seadanya. Hampir muntah karena perut mulai mual. Menjelang siang suhu badan mulai naik, pas dicek ternyata sudah lebih dari 38C. Sekitar jam 4 sore dengan sangat memaksakan diri mengeluarkan motor dari kandang menuju Slipi Jaya. Ke ATM. Ke Giant. Cuma beli Pocari Sweat (2), Susu Bear Brand (2), Sari Kacang Hijau (2), Buavita Jambu (2), Pisang cavendish dan Regal Marie Biscuits. Gemeteran. Keringat dingin. Limbung. Mampir beli bubur ayam.
Lidah hanya bisa mengecap satu rasa, pahit. Hanya berhasil memasukkan beberapa sendok bubur ayam hangat. Padahal ini bubur ayam yang enak banget, mana mahal pula. Itu bubur akhirnya dikirim ke tempat sampah. Minum sumagesic, obat penurun panas.
Tidur gelisah, tiap setengah jam terbangun. Suhu badan makin panas. Kompres air dingin. Minum Pocari Sweat. Lebih dari 39C. Sapu tangan yang buat ngompres kering. Kompres lagi.
Senin (13/10/08) kondisi badan masih tidak berubah. Panas. Lemas. Mual. Kepala berat. Ke kantor naik taksi. Minta tolong Mbak Iis mesanin bubur ayam di kantin, bubur doang dink... gak pake tambahan apa pun. Hanya makan beberapa sendok. Minum sumagesic lagi. Sms Rina minta tolong ditemenin ke dokter. Gak ada balasan. Ke masjid lantai 6. Tiduran. Suhu badan 39.6C. Masih belum ada balasan sms dari Rina. Sms Mbak Pit minta anter ke dokter. Telepon masuk. Dari Rina. Dia siap nganterin ke dokter. Lemas. Kepala berat. Sepuluh menit berlalu. Telepon masuk. Rina lagi. Ke ruangan ngambil tas. Ke ruangan Rina.
Naik angkot ke Bendungan Hilir. RSAL Dr. Mintohardjo. Daftar. Langsung ke Poliklinik Umum. Ketemu dr. Mulia. Ke laboratorium buat diambil sampel darah. Nunggu hasil tes darah. 1 jam berlalu. Tes darah rutin (leukosit, haemoglobin dll) sudah kelar. Tes widal belum. Hampir 2 jam akhirnya hasil tes widal kelar juga. Ketemu dr. Mulia lagi. ”Benar panasnya baru sehari?” Dr. Mulia seolah tak percaya sambil melihat hasil laboratorium. Typhusnya positif. 1/190. Tapi tidak menutup kemungkinan DBD (Demam Berdarah Dengue). Kalau dalam 2 hari masih mual, harus balik buat cek darah lagi. Ke apotik. Makan soto kwali di depan RS. Langsung balik ke kos naik taksi, Rina balik ke kantor.
Suhu badan tinggi. Kepala berat. Mual. Minum obat. Tidur. Sore makan bubur ayam (lagi...!). Lidah masih hanya bisa mengecap satu rasa, pahit. Esok paginya, Selasa (14/10/08) makan bubur ayam (lagi-lagi...!). Buat nasi tim. Masak sayur bayam bening. Goreng tempe. Makan siang. Teman-teman kantor datang bawa macem-macem. Susu Bear Brand. Apel. Pepaya. Bayam merah. Labu siam. Telur ayam kampung. Jus alpukat 2 gelas. Bubur kacang hijau. Suhu badan mulai turun, 38C.
Rabu (15/10/08) suhu badan mulai mendekati normal, 37.5C. Kepala masih berat. Perut masih mual. Lemas. Limbung. Mbak Puji bikinin sup krim. Hemmm, yummy... awalnya. Lama-kelamaan eneg juga. Sorenya suhu badan udah 37C. Masak air untuk mandi. Mandi dan keramas. Ah, segarnya... setelah berhari-hari gak mandi!
Kamis (16/10/08) ke kantor naik taksi. Cuma duduk di depan komputer seharian. Kepala masih berat. Perut masih mual. Pulang kantor naik taksi bareng Rina ma Bu Lia.
Jumat (17/10/08) masih seperti hari sebelumnya.
Sabtu (18/10/08) malam Ketty datang. Hari Minggu pagi dia beliin bubur ayam buat sarapan. Nyuciin baju juga, hehehe... Minggu sore ke Giant, belanja sayuran, telur ayam kampung, tahu, udang dan ikan. Juga susu Bear Brand. Naik ojek bolak balik.
Minggu ini sudah lebih baik. Kepala udah gak berat lagi. Perut udah gak mual. Lidah sudah mengecap rasa manis dan asin. Tapi kalo berdiri lama dikit udah langsung capek. Jalan dikit udah ngos-ngosan. Belum berani naik tangga dari lantai 1 ke lantai 4 seperti hari-hari normal. Ke masjid juga masih naik lift. Belum berani bawa motor. Baru kemarin mulai naik angkot pergi dan pulang kantor. Ngos-ngosan juga. Tapi gak boleh dimanja terus-terusan. Boros kalo tiap hari naik taksi, 50 ribu melayang! Lagi pula kalo gak cepet pulih bakal terus minum susu Bear Brand, hal yang dengan sangat terpaksa dilakukan, meskipun tiap minum harus pake sedotan en makan sesuatu buat ngilangin rasa eneg.
Kemarin lusa ada komentar dari Pak Nanang, ”Belum kedengeran suara tawa khasnya, berarti belum sembuh dong...” Hehehe, bisa aja si bos ini.

Yang bikin heran, kenapa saia terinfeksi salmonella. Dari mana? Padahal selama ini selalu berusaha hidup sehat dan bersih. Tiap hari masak sendiri. Hampir gak pernah jajan. Higienitas jelas lebih terjaga. Rajin cuci tangan pula. Tapi tetep aja itu bakteri masuk ke tubuh. Yah, mudah-mudahan ini yang terakhir deh. Jangan lagi-lagi sakit kek gini. Merana. Apalagi anak kost. Semuanya mesti dilakukan sendiri. Hiks.

4 comments:

aNDRie said...

Berarti dah positif typhus ya bu?
Wuah... Kmaren aku baru mau bilang, mbak melin kan masak sendiri, gak kaya aku, beli terus, tapi kok bisa kena juga ya.
Waktu aku pulang ke tegal aja, dateng2 my mom langsung peluk2 n cium2in aku sambil nangis, hehe.., baru juga gejala paratyphus doank.
Aku cari2 juga tentang paratyhoid, tapi nyarinya gak niat n dikit gak peduli, so gak dapet apa2 :-)

melsharfey said...

masih gejala Ndrie, kalo hasil tes widal >1/200 baru deh typhoid...
harusnya typhoid baru terdeteksi stlh 2-3hari suhu badan tinggi, makanya kmrn itu dokternya sempet gak percaya kalo baru panas sehari soalnya hasil tes 1/190, lidah jg udah putih bgt (lidah kotor istilahnya)

Unknown said...

wadoh mb, ternyata serius ya sakit nya??
duh jadi terharu n gak enak hati karena gak sempat jengukin, gak tau si abis nya, maaf maaf banget ya mb....

moga abis ini gak ngulang lagi ya..
kalo kata temenku, terlalu higienis malahane tubuhnya jadi gampang sakit, imun nya kurang tereksplore, hehehehe

melsharfey said...

biasa aja kali Yan... gak perlu lah dijenguk segala, wong udah sembuh kok. minggu dpn qta bisa hang out lagi, hehehe...

iya kali ya, gara2 sok higienis malah sistem imunnya gak bekerja maksimal.